TUGAS 4

Pertanyaan 1

Jelaskan jika terjadi peredaran uang di Indonesia di anggap dapat menimbulkan Inflasi maka BI sebagai pelaksana kebijaksanaan moneter yang melakukan tindakan apa saja?

Jawab :

  1. Politik Diskonto (discount policy) adalah politik bank sentral untuk memengaruhi peredaran uang dengan jalan menaikkan dan menurunkan tingkat bunga. Dengan menaikkan tingkat bunga diharapkan jumlah uang yang beredar di masyarakat akan berkurang karena orang akan lebih banyak menyimpan uangnya di bank daripada menjalankan investasi.
  2.  Politik Pasar Terbuka  (open market policy) dijalankan dengan membeli dan menjual surat-surat berharga. Dengan menjual surat-surat berharga diharapkan uang akan tersedot dari masyarakat. Pada waktu inflasi, untuk mengurangi kegiatan ekonomi yang berlebihan, uang yang beredar harus dikurangi dengan cara menjual surat-surat berharga.
  3. Politik Persediaan Kas (cash ratio policy) adalah politik Bank Sentral untuk memengaruhi peredaran uang dengan jalan menaikkan dan menurunkan persentase persediaan kas dari bank. Dengan dinaikkannya persentase persediaan kas, diharapkan jumlah kredit akan berkurang. Akibat dari naiknya cadangan kas, maka kemampuan bank umum untuk memberikan pinjaman berkurang atau bank umum tidak mampu memberikan pinjaman dan sekaligus dana yang menganggur di bank semakin bertambah.

Sumber : http://www.plengdut.com/2013/02/kebijakan-moneter.html

 

Pertanyaan 2

Factor utama yng menyebabkan timbulnya perdagangan Internasional?

Jawab :

Adanya perbedaan kekayaan alam yang dimiliki. Memang setiap Negara itu memiliki kekayaan alam yang sangat berbeda-beda dan begitu juga dengan menghasilkan barang-barangnya berbeda pula dalam setiap Negara. Bukan Cuma perbedaan kekayaan alam tetapi ad juga perbedaan Ilmu pengetahuan dan penguasan teknologi (IPTEK), di Indonesia sangat sedikit yang mengerti menggunakan IPTEK dan teknologinya sangat sedikit di miliki oleh bangsa Indonesia. Akibatnya terjadilah perdagangan Internasional. Ada juga perbedaan harga barang masyarakat pasti lebih memilih barang-barang dari luar negeri jika harganya murah daripada barang-barang yang dihasilkan negaranya sendiri yang terbilang sangat mahal. Barang-barang tersebut bukan hanya dijual di negaranya sendiri tetapi cenderung juga menjual keluar negeri bila memperoleh harga lebih mahal. Perbedaan harga barang-barang mendorong terjadinya perdagangan Internasional. Factor utama terjadinya perdagangan Internasional juga menurut selera masyarakatnya yaitu gaya hidup masyarakatnya dan kebudayaannya. Indonesia yang memiliki keragaman budaya yang banyak memproduksi kain-kain dengan motif tradisional yang adiluhung seperti batik dan tenun ikat,sementara Amerika banyak memproduksi boneka-boneka Walt Disney dan Barbie. Perbedaan hasil produksi ini yang menyebakan adanya Perdagangan Internasional.

 

Pertanyaan 3

Benarkah Inflasi selalu merugikan?

Jawab :

Menurut saya inflasi atau kondisi kenaikan harga apabila dilihat sepintas pada umumnya memang merugikan,  apabila yang terjadi adalah kenaikan harga yang wajar dan dapat diterima oleh masyarakat banyak maka dapat dikatakan bahwa kenaikan harga tersebut tidaklah terlalu mengganggu tingkat konsumsi masyarakat pada umumnya. Bagi seorang pengusaha yang punya jiwa interpreneur tentunya adanya tidak keseimbangan antara AS dan AD dapat memberi peluang usaha baru, dan kondisi inilah yang dapat memacu seorang produsen untuk meningkatkan jumlah produksinya. Artinya tidak selalu tingkat inflasi akan mengganggu perekonomian suatu Negara, dengan catatan bahwa yang terjadi dalam perekonomian tersebut adalah inflasi yang tidak tinggi yang masing-masing Negara mempunyai indicator berbeda. Untuk Negara Indonesia ada kebijakan bahwa tingkat inflasi yang terjadi tidak boleh sampai “double digit”.

 

Sumber : http://ekonomikelasx.blogspot.com/2012/02/kebijakan-untuk-mengatasi-inflasi.html

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s